OPTIMASI TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PADA PELABUHAN BAKAUHENI PROVINSI LAMPUNG

Main Author: Oki Endrata Wijaya, 1425011021
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/24232/1/ABSTRAK%20%28INGGRIS%20%26%20INDONESIA%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24232/4/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24232/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24232/
ctrlnum 24232
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>OPTIMASI TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PADA PELABUHAN BAKAUHENI PROVINSI LAMPUNG</title><creator>Oki Endrata Wijaya, 1425011021</creator><subject>Teknologi (General)</subject><description>Pelabuhan Bakauheni terletak di kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, yang berguna untuk menghubungkan pulau Sumatera dan pulau Jawa, dengan lokasi yang strategis menjadikan Pelabuhan Bakauheni salah satu sentral laut di dunia, namun masih terdapat komponen dan pelayanan yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan dermaga dan komponen yang menyebabkan bertambah atau berkurangnya tingkat pelayanan, serta untuk membuat rekomendasi dalam meningkatkan pelayanan dermaga di pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung, Adapun metodelogi yang digunakan adalah metodologi deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pelayanan dermaga di pelabuhan Bakauheni cukup baik berdasarkan fasilitas yang tersedia dan pelayanan pengguna jasa, khususnya waktu pelayanan di dermaga I (satu) yang mampu melayani sebanyak 24 trip penyebrangan dan dermaga II (dua) sebanyak 23 trip penyeberangan selama 24 jam non-stop, namun dengan tidak beroperasinya dermaga IV telah mengurangi tingkat pelayanan sebanyak 1.813 kapasitas kendaraan, juga diketahui pada hari biasa terjadi penambahan kapasitas sebanyak 2.187 kendaraan, sedangkan dalam waktu 24 jam pelabuhan Bakauheni mampu melayani sebanyak 13.531 kendaraan.&#xD; &#xD; Kata kunci : Tingkat Pelayanan, Waktu Pelayanan, Pelabuhan, dan Dermaga.&#xD; &#xD; Bakauheni port located in South Lampung Regency of Lampung Province, which is useful to connect between Sumatra and Java island, with the strategic location make Bakauheni port one of central sea in the world, but it still has the component and service that less optimal. This study aims to determine the service level of quay and components that cause the increased or reduced service level, also to make recommendations to improve quay services at the port of Bakauheni in Lampung. The methodology that used was descriptive quantitative method. The results showed that the level of quay service at the port of Bakauheni was good enough based on the available of facilities and the service users, specially for service time at the 1th quay that can serve as many as 24 crossing trip and the 2nd quay as many as 23 crossing trip during 24 hours, but the influence of not operating the IV quay has reduced the level of service as much as 1,813 vehicle capacity, also known on the common day had the addition capacity as much 2,187 vehicles, while within 24 hours Bakauheni port able to serve as much as 13.531 vehicles.&#xD; &#xD; Keywords: Service Level , Service Time, Ports, and Quay.&#xD; </description><date>2016-09-08</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/24232/1/ABSTRAK%20%28INGGRIS%20%26%20INDONESIA%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/24232/4/TESIS%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/24232/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> Oki Endrata Wijaya, 1425011021 (2016) OPTIMASI TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PADA PELABUHAN BAKAUHENI PROVINSI LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/24232/</relation><recordID>24232</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Oki Endrata Wijaya, 1425011021
title OPTIMASI TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PADA PELABUHAN BAKAUHENI PROVINSI LAMPUNG
publishDate 2016
isbn 9781425011024
topic Teknologi (General)
url http://digilib.unila.ac.id/24232/1/ABSTRAK%20%28INGGRIS%20%26%20INDONESIA%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24232/4/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24232/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/24232/
contents Pelabuhan Bakauheni terletak di kabupaten Lampung Selatan Provinsi Lampung, yang berguna untuk menghubungkan pulau Sumatera dan pulau Jawa, dengan lokasi yang strategis menjadikan Pelabuhan Bakauheni salah satu sentral laut di dunia, namun masih terdapat komponen dan pelayanan yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan dermaga dan komponen yang menyebabkan bertambah atau berkurangnya tingkat pelayanan, serta untuk membuat rekomendasi dalam meningkatkan pelayanan dermaga di pelabuhan Bakauheni Provinsi Lampung, Adapun metodelogi yang digunakan adalah metodologi deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pelayanan dermaga di pelabuhan Bakauheni cukup baik berdasarkan fasilitas yang tersedia dan pelayanan pengguna jasa, khususnya waktu pelayanan di dermaga I (satu) yang mampu melayani sebanyak 24 trip penyebrangan dan dermaga II (dua) sebanyak 23 trip penyeberangan selama 24 jam non-stop, namun dengan tidak beroperasinya dermaga IV telah mengurangi tingkat pelayanan sebanyak 1.813 kapasitas kendaraan, juga diketahui pada hari biasa terjadi penambahan kapasitas sebanyak 2.187 kendaraan, sedangkan dalam waktu 24 jam pelabuhan Bakauheni mampu melayani sebanyak 13.531 kendaraan. Kata kunci : Tingkat Pelayanan, Waktu Pelayanan, Pelabuhan, dan Dermaga. Bakauheni port located in South Lampung Regency of Lampung Province, which is useful to connect between Sumatra and Java island, with the strategic location make Bakauheni port one of central sea in the world, but it still has the component and service that less optimal. This study aims to determine the service level of quay and components that cause the increased or reduced service level, also to make recommendations to improve quay services at the port of Bakauheni in Lampung. The methodology that used was descriptive quantitative method. The results showed that the level of quay service at the port of Bakauheni was good enough based on the available of facilities and the service users, specially for service time at the 1th quay that can serve as many as 24 crossing trip and the 2nd quay as many as 23 crossing trip during 24 hours, but the influence of not operating the IV quay has reduced the level of service as much as 1,813 vehicle capacity, also known on the common day had the addition capacity as much 2,187 vehicles, while within 24 hours Bakauheni port able to serve as much as 13.531 vehicles. Keywords: Service Level , Service Time, Ports, and Quay.
id IOS4198.24232
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:32:30Z
last_indexed 2017-04-20T08:32:30Z
recordtype dc
_version_ 1686096862928437248
score 17.538404