PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DENGAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT
Main Author: | IKA NUR WULANDARI, 1213023029 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/24056/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/24056/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/24056/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/24056/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan model pembelajaran SiMaYang tipe II dan problem solving dalam meningkatkan kemampuan meta¬kog¬¬-nisi dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Purbolinggo yang terdiri dari 4 kelas tahun pelajaran 2015/ 2016. Teknik pemilih¬an sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 1 dan X MIA 4. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi-men dengan non equivalent control group design. Perbandingan kedua model pem¬¬belajaan ini diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain kemampuan metakog¬nisi dan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran pada kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-Gain kemam¬pu¬an metakognisi dan penguasaan konsep pada kelas yang meng¬gunakan model pembelajaran SiMaYang Tipe II (eksperimen I) berkategori “tinggi”, sementara pada kelas yang mengguna¬kan model pem¬belajar¬an problem solving (eksperimen II) berkategori “sedang”. Selain itu, aktivitas siswa dan res¬pon siswa pada kelas yang menggunakan model pem¬belajar¬an SiMaYang Tipe II (eksperimen I) ber-kategori “sangat tinggi”, sedangkan pada kelas eksperimen II yang meng¬guna¬kan model pem¬belajaran problem solving berkategori “tinggi”. Berdasarkan hasil pe-nelitian yang diperoleh, dapat disimpul¬kan bahwa model pem¬belajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkat¬kan kemampu¬an metakognisi dan penguasaan konsep larut¬an elektrolit dan non-elektrolit lebih baik dibanding¬kan dengan pembelajaran menggunakan model problem solving Kata kunci: metakognisi, penguasaan konsep, problem solving, SiMaYang Tipe II