Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STM terhadap hasil belajar dan kemampuan afektif siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas IXA dan IXB yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar oleh siswa yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dengan taraf 5%. Data kualitatif berupa kemampuan afektif siswa dan angket tanggapan siswa terhadap pendekatan STM yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan afektif siswa rata-rata berkriteria baik (80%). Pada aspek bekerjasama dalam mengerjakan LKK ( 87%); mengajukan pertanyaan (84%); dan mengusulkan pendapan dalam diskusi (81%). Lia Andriyani iii Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes ( 12,5); postest (63,44); N-gain (74,42). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C4) dengan rata-rata N-gain (48,10). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan pendekatan STM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan STM berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan afektif siswa. Kata kunci : hasil belajar, kemampuan afektif, STM, bioteknologi.