HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dan tergolong sebagai penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dihitung dengan menggunakan rumus T Yamane. Pengujian hipotesis ke-1 dan ke-2 digunakan model korelasi product moment, sedangkan untuk menguji hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013. Hasil pengujian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,458, menunjukkan tingkat hubungan yang sedang; 2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013. Hasil pengujian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,449 , menunjukkan tingkat hubungan yang sedang; dan 3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan lingkungan belajar di sekolah dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2012/2013. Hasil pengujian menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,559 , menunjukkan tingkat hubungan yang sedang.