PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 2 METRO SELATAN
Main Author: | FETI RIANTIKA , 1213053050 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/23875/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/23875/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/23875/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/23875/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas VA SD Negeri 2 Metro Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model cooperative learning tipe make a match, dan soal tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan Independent Sample ttest. Hasil penelitian menunjukkan, nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,43 dan nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Berdasarkan hasil uji hipotesis melalui Independent Sample t-test diperoleh nilai sign two tail test = 0,037 < α = 0,05. Jika dibandingkan dengan nilai thitung = 2,160 > ttabel = 2,021, maka H1 diterima dengan kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: cooperative learning tipe make a match, hasil belajar, matematika