PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Main Author: Diana Anjar Sari, 1213022016
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23851/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23851/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23851/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23851/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan LKS berbasis discovery learning dengan peserta didik yang menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X.MIA 3 dan X.MIA 5 SMA Negeri 1 Baradatu. Desain penelitian yang digunakan adalah The Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan data pada ranah kognitif menggunakan tes uraian dan pada ranah psikomotor menggunakan angket observasi. Data hasil penelitian selanjutnya diolah secara statistik menggunakan Uji Normalitas dan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik pada ranah kognitif dan psikomotor yang menggunakan LKS berbasis discovery learning dengan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan LKS berbasis discovery learning lebih tinggi daripada peserta didik yang menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing ditinjau dari ranah kognitif dan hasil belajar fisika peserta didik yang menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan LKS berbasis discovery learning ditinjau dari ranah psikomotor. Kata kunci: hasil belajar, LKS berbasis discovery learning, LKS berbasis inkuiri terbimbing, perbandingan