UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI PAUD MASSIR PULPAS KOTA KARANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016
Main Author: | PURWIGATI , 1113254011 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/23786/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/23786/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/23786/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/23786/ |
ctrlnum |
23786 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>UPAYA MENINGKATKAN
PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI
PERMAINAN KARTU ANGKA DI PAUD MASSIR PULPAS
KOTA KARANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016</title><creator>PURWIGATI , 1113254011</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan mengenal
lambang bilangan pada anak usia dini yang belum berkembang secara optimal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui
permainan kartu angka. Subjek penelitian adalah anak didik Paud Massir Pulpas
pada kelompok A semester II, dengan jumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh
melalui observasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung melalui
lembar observasi. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus, dengan setiap siklus
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
pengenalan lambang bilangan melalui permainan kartu angka pada anak
kelompok A Paud Massir Pulpas. Hal tersebut dapat dilihat dari siklus I dengan
rata-rata hasil observasi (aktivitas siswa) 60% dan pada siklis II dengan ratarata
hasil observasi (aktivitas siswa) 65% serta pada siklus III dengan rata-rata
hasil observasi (aktivitas siswa) 80%. Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan
pengenalan lambang bilangan anak pada kelompok A semester II di Paud Massir
Pulpas Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Lambang Bilangan, Kartu Angka.</description><publisher>FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN</publisher><date>2016-08-12</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/23786/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/23786/2/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/23786/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> PURWIGATI , 1113254011 (2016) UPAYA MENINGKATKAN PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DI PAUD MASSIR PULPAS KOTA KARANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/23786/</relation><recordID>23786</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Bachelors Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Report:Report Report |
author |
PURWIGATI , 1113254011 |
title |
UPAYA MENINGKATKAN
PENGENALAN LAMBANG BILANGAN MELALUI
PERMAINAN KARTU ANGKA DI PAUD MASSIR PULPAS
KOTA KARANG KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2016 |
publisher |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
publishDate |
2016 |
isbn |
9781113254016 |
topic |
LB1501 Primary Education |
url |
http://digilib.unila.ac.id/23786/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/23786/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/23786/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/23786/ |
contents |
Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan kemampuan mengenal
lambang bilangan pada anak usia dini yang belum berkembang secara optimal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini adalah
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui
permainan kartu angka. Subjek penelitian adalah anak didik Paud Massir Pulpas
pada kelompok A semester II, dengan jumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh
melalui observasi yang dilakukan guru saat pembelajaran berlangsung melalui
lembar observasi. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus, dengan setiap siklus
terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
pengenalan lambang bilangan melalui permainan kartu angka pada anak
kelompok A Paud Massir Pulpas. Hal tersebut dapat dilihat dari siklus I dengan
rata-rata hasil observasi (aktivitas siswa) 60% dan pada siklis II dengan ratarata
hasil observasi (aktivitas siswa) 65% serta pada siklus III dengan rata-rata
hasil observasi (aktivitas siswa) 80%. Berdasarkan data tersebut dapat
disimpulkan bahwa permainan kartu angka dapat meningkatkan kemampuan
pengenalan lambang bilangan anak pada kelompok A semester II di Paud Massir
Pulpas Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: Anak Usia Dini, Lambang Bilangan, Kartu Angka. |
id |
IOS4198.23786 |
institution |
Universitas Lampung |
institution_id |
43 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Lampung |
library_id |
537 |
collection |
Digital Repository Unila |
repository_id |
4198 |
subject_area |
Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial Agriculture/Industri Pertanian Econmics/Ilmu Ekonomi |
city |
KOTA BANDAR LAMPUNG |
province |
LAMPUNG |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4198 |
first_indexed |
2017-04-20T08:32:13Z |
last_indexed |
2017-04-20T08:32:13Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686096775509704704 |
score |
17.538404 |