PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)
Main Author: | REYSTI BETHARIA ERINDA , 1213021059 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/23748/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/23748/19/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/23748/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/23748/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandarlampung. Desain penelitian ini adalah postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam lima kelas. Melalui teknik Purposive Sampling terpilihlah kelas X MIA 4 dan X MIA 5 sebagai sampel penelitian. Data penelitian diperoleh dari tes pemahaman konsep matematis siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS di kelas X MIA SMA Negeri 1 Bandar Lampung berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, pembelajaran kooperatif, think pair share