EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016)

Main Author: INDRI KURNIAWATI , 1213021030
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23696/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23696/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23696/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23696/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan representasi matematis dan self-concept siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015-2016 yang terdistribusi dalam dua belas kelas. Desain penelitian ini adalah pretest – posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G dan VIII J yang diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis, namun tidak efektif untuk meningkatkan self-concept siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, representasi matematis, self-concept