PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 01 TANJUNG SARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | DESI SUSILOWATI, (1113052011) |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/23630/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/23630/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/23630/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/23630/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosi siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini “apakah layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa yang rendah?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa yang rendah. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest dan dianalisis dengan statistik non-parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Subjek penelitian sebanyak sepuluh siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala kecerdasan emosi model Likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Hal ini ditunjukan dari jumlah hasil pretest dan posttest kecerdasan emosi siswa diperoleh Z-hitung = -2,803 < Z-tabel 0,05 = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dapat dipergunakan untuk meningkatkan kecerdasan emosi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Tanjung Sari Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosi, Bimbingan Konseling.