PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIALOG MENDALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 1 TEGINENENGTAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: TRI PUJI , 1313072006
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23608/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23608/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23608/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23608/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelakasaan, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran dialog mendalam pada mata pelajaran PPKn materi di SMP Negeri 1 Tegineneng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahapan Planning, Acting, Observasi dan Reflecting.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil peneltian pada Siklus I menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam perencanaan pembelajaran 47% dengan kategori cukup baik, kemampuan guru dalam mengelola kelas 67% dengan kategori cukup baik, dan kemampuan berpikir kritis siswa hanya mencapai 25% dengan kategori kurang. Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam perencaan pembelajaran 72% dengan kategori baik, kemampuan guru dalam mengelola kelas 78% dengan kategori baik, dan kemampuan berpikir kritis siswa hanya mencapai 70% dengan kategori cukup baik. Kata kunci : model pembelajaran dialog mendalam, kemampuan berpikir kritis