PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN ARENDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP ISLAM TERPADU BINA INSANI KOTA METRO

Main Author: LISA RETNO SARI , 1423031036
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23573/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23573/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23573/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23573/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative time token Arends. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas VII A SMP Islam Terpadu Bina Insani Kota Metro Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 24 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan kemampuan komunikasi, dan tes hasil belajar yang berupa soal pilihan jamak sebanyak 20 soal. Data dari hasil observasi dan tes formatif di setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa disetiap siklus setelah penggunaan model cooperative time token Arends dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif, Cooperative Time Token Arends. ABSTRACT Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative time token Arends. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Subjek penelitian adalah seluruh siswa di kelas VII A SMP Islam Terpadu Bina Insani Kota Metro Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 24 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan kemampuan komunikasi, dan tes hasil belajar yang berupa soal pilihan jamak sebanyak 20 soal. Data dari hasil observasi dan tes formatif di setiap siklus menjadi dasar atau bahan perbaikan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat peningkatan kemampuan komunikasi dan hasil belajar kognitif siswa disetiap siklus setelah penggunaan model cooperative time token Arends dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Hasil Belajar Kognitif, Cooperative Time Token Arends.