STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS KELAS XII IPS SMA NEGERI 2 GADINGREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Main Author: Fitri Ahadiyah, -
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2014
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/2355/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/2/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/3/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/4/PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/5/RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/6/PERSEMBAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/7/MOTO.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/8/SANWACANA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/9/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/10/DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/11/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/13/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/14/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/15/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/16/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/17/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/2355/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang Studi perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dan Make A Match pada mata pelajaran akuntansi dengan memperhatikan kecerdasan adversitas kelas XII IPS semester genap di SMA Negeri 2 Gadingrejo Pringsewu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 224 siswa dengan jumlah sampel yaitu sebanyak 61 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, tes, dan kuesioner/angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (1) ada perbedaan hasil belajar akuntansi siswa yang pembelaarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibanding MM, (2) ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas terhadap hasil belajar akuntansi siswa, (3) hasil belajar akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan model make a match pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi, (4) hasil belajar akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi dibandingkan model make a match pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas sedang, (5) hasil belajar akuntansi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran NHT lebih rendah dibandingkan model make a match pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah. Kata kunci: Akuntansi, Hasil belajar, Kecerdasan adversitas, Model NHT, Model