PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Main Author: NYI AYU REVI SORAYA, 1213052029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23395/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23395/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23395/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23395/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah kepercayaan diri siswa. Permasalahan penelitian adalah apakah ada pengaruh interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian bersifat kuantitatif. Populasi berjumlah 320 siswa dan sampel penelitian 20% atau sebanyak 64 orang siswa yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahunajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan hasil perhitungan korelasi interaksi sosial dengan kepercayaan diri menggunakan regresi linear sederhana yaitu nilai koefisien korelasi 0,617 sedangkan nilai koefisien determinasi yang diperoleh dalam perhitungan tersebut adalah 0,371 atau 37,1% yang dapat ditafsirkan bahwa interaksi sosial memiliki kontribusi sebesar 37,1% terhadap variabel kepercayaan diri dan nilai signifikan adalah p = 0,002 ; p < 0.05. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap kepercayaan diri siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: bimbingan konseling, interaksi sosial, kepercayaan diri.