HUBUNGAN AKTIVITAS BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR DENGAN PENGUASAAN KOSAKATA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA INSANI LANGKAPURA BANDAR LAMPUNG

Main Author: DIAH AYUNINGTYAS , 1213054020
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23330/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23330/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23330/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23330/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya penguasaan kosakata pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas bermain menggunakan media kartu kata bergambar dengan penguasaan kosakata anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional yang menghubungkan antar dua variabel yaitu aktivitas bermain menggunakan media kartu kata bergambar sebagai variabel X dan penguasaan kosakata anak sebagai variabel Y. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun kelompok B2 di TK Mutiara Insani Langkapura Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan Korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara aktivitas bermain menggunakan media kartu kata bergambar dengan penguasaan kosakata anak usia dini. Oleh sebab itu hendaknya aktivitas bermain menggunakan media kartu kata bergambar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran di PAUD, terutama dalam memperluas penguasaan kosakata. Kata kunci : Kartu Kata Bergambar, Penguasaan Kosakata, Aktivitas Bermain. ABSTRACT The problem in this observation is the lack mastery of vocabulary in early chilhood. This study aims to determine the relationship between play activities using illustrated word card method with mastery of vocabulary in early chilhood. This observation is a kuantitative observation with correlational method linking two variables are play activities using illustrated word card method as X variable and the children’s mastery of vocabulary as Y variable. The subject in this observation is all of the children age 5-6 years old group B2 in TK Mutiara Insani Langkapura Bandar Lampung. Collecting the data is done by using observation and documentation method. The result of observation is analyzed with Spearman Rank Correlation. The result of the observation shows that there is a positive relation between play activities using illustrated word card method with mastery of vocabulary in early chilhood. Because of that, should play activities using illustrated word card can be used as one of alternative in learning at PAUD, especially in extend mastery of vocabulary. Keywords: illustrated word card, mastery of vocabulary, play activities.