PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WAY
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Way Lima Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 192 siswa dan sampel 130 siswa. Data yang terkumpul melalui angket dan diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 17. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan rumus regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan rumus regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Way Lima Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan minat baca terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Way Lima Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Way Lima Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci : pemanfaatan perpustakaan