PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS III SD IMMANUEL KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: LUCIA PUSPASARI C.P, 1213053132
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23211/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23211/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23211/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23211/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan kognitif IPS siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran IPS dengan Snowball Throwing terhadap kemampuan kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 96 siswa. Sampel dalam penelitian adalah kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan IIIC sebagai kelas kontrol dengan jumlah 64 siswa. Data diperoleh melalui tes. Data dianalisis dengan Uji-t. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini terlihat dari nilai posttest kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen (IIIB) yaitu 69,50 lebih tinggi dari nilai posttest kemampuan kognitif siswa pada kelas kontrol (IIIC) yaitu 57,31. Dengan demikian kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe snowball throwing pada pembelajaran IPS terhadap kemampuan kognitif siswa kelas III SD Immanuel Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Kata kunci :, Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemampuan Kognitif, Snowball Throwing.