HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO (Studi Deskriptif Korelatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)

Main Author: Andreas Yudistira, 1213024004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23193/1/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23193/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23193/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23193/
ctrlnum 23193
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN &#xD; METRO UTARA KOTA METRO&#xD; &#xD; (Studi Deskriptif Korelatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)&#xD; </title><creator>Andreas Yudistira, 1213024004</creator><subject>L Education (General) = Pendidikan </subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara belajar yang digunakan oleh siswa kelas VII di SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro, menge-tahui hubungan antara cara belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, serta faktor-faktor yang memiliki hubungan dengan cara belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif korelatif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VII 1, VII 2, VII 4, dan VII 5 di SMP Negeri 6 Metro dan kelas VII A, VII C dan VII E di SMP Negeri 8 Metro yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 198 siswa.&#xD; Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data angket faktor belajar yakni cara mengajar guru dan dukungan keluarga, serta hasil wawancara mengenai cara belajar dan faktor belajar dengan siswa. Data kuantitatif berupa data hasil angket cara belajar, angket faktor belajar, dan hasil tes prestasi belajar. Data kualitatif dianalasis secara deskriptif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov, Uji Linieritas, dan Uji Korelasi Pearson Product-Momment.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara hanya menggunakan tiga cara belajar yakni cara belajar membaca yang digunakan oleh 15 (7,58 %) siswa; mendengar digunakan oleh 172 (86,87 %) siswa; serta mengucap dan menulis digunakan oleh 11 ( 5,56 %) siswa. Hasil uji korelasi antara cara belajar dengan pretasi belajar membuktikan adanya hubungan signifikan dengan keeratan hubungan sangat kuat. Hal ini terlihat dari cara belajar yang digunakan semakin tinggi maka rata-rata prestasi belajar yang diperoleh juga semakin tinggi. Siswa yang menggunakan cara belajar membaca memperoleh rata-rata pretasi belajar yakni 34,13; mendengar memperoleh rata-rata pretasi belajar yakni 55,37; mengucap dan menulis memperoleh rata-rata prestasi belajar yakni 75,27. Faktor belajar yang terdiri dari faktor internal (minat, bakat, dan motivasi), faktor eksternal (fasilitas belajar di sekolah, fasilitas belajar di rumah, sumber belajar, dukungan keluarga, dan cara guru mengajar), dan pen-dekatan belajar memiliki hubungan dengan cara belajar membaca, mende-ngar, serta mengucap dan menulis dengan keeratan hubungan sangat kuat.&#xD; &#xD; Kata kunci: cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar&#xD; </description><publisher>UNIVERSITAS LAMPUNG</publisher><date>2016-07-20</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/23193/1/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/23193/2/SKRIPSI%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/23193/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> Andreas Yudistira, 1213024004 (2016) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO (Studi Deskriptif Korelatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016). UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/23193/</relation><recordID>23193</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Andreas Yudistira, 1213024004
title HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN METRO UTARA KOTA METRO (Studi Deskriptif Korelatif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016)
publisher UNIVERSITAS LAMPUNG
publishDate 2016
isbn 9781213024007
topic L Education (General) = Pendidikan
url http://digilib.unila.ac.id/23193/1/ABSTRAK%20INDONESIA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23193/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23193/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23193/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara belajar yang digunakan oleh siswa kelas VII di SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara Kota Metro, menge-tahui hubungan antara cara belajar siswa dengan prestasi belajar siswa, serta faktor-faktor yang memiliki hubungan dengan cara belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi deskriptif korelatif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah kelas VII 1, VII 2, VII 4, dan VII 5 di SMP Negeri 6 Metro dan kelas VII A, VII C dan VII E di SMP Negeri 8 Metro yang dipilih dengan teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 198 siswa. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data angket faktor belajar yakni cara mengajar guru dan dukungan keluarga, serta hasil wawancara mengenai cara belajar dan faktor belajar dengan siswa. Data kuantitatif berupa data hasil angket cara belajar, angket faktor belajar, dan hasil tes prestasi belajar. Data kualitatif dianalasis secara deskriptif. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov, Uji Linieritas, dan Uji Korelasi Pearson Product-Momment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Metro Utara hanya menggunakan tiga cara belajar yakni cara belajar membaca yang digunakan oleh 15 (7,58 %) siswa; mendengar digunakan oleh 172 (86,87 %) siswa; serta mengucap dan menulis digunakan oleh 11 ( 5,56 %) siswa. Hasil uji korelasi antara cara belajar dengan pretasi belajar membuktikan adanya hubungan signifikan dengan keeratan hubungan sangat kuat. Hal ini terlihat dari cara belajar yang digunakan semakin tinggi maka rata-rata prestasi belajar yang diperoleh juga semakin tinggi. Siswa yang menggunakan cara belajar membaca memperoleh rata-rata pretasi belajar yakni 34,13; mendengar memperoleh rata-rata pretasi belajar yakni 55,37; mengucap dan menulis memperoleh rata-rata prestasi belajar yakni 75,27. Faktor belajar yang terdiri dari faktor internal (minat, bakat, dan motivasi), faktor eksternal (fasilitas belajar di sekolah, fasilitas belajar di rumah, sumber belajar, dukungan keluarga, dan cara guru mengajar), dan pen-dekatan belajar memiliki hubungan dengan cara belajar membaca, mende-ngar, serta mengucap dan menulis dengan keeratan hubungan sangat kuat. Kata kunci: cara belajar, faktor belajar, prestasi belajar
id IOS4198.23193
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:31:37Z
last_indexed 2017-04-20T08:31:37Z
recordtype dc
_version_ 1686096770924281856
score 17.538404