PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: SITI OKTAVIANI, 1213022072
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23098/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23098/11/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23098/12/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23098/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa pada penggunaan lembar kerja siswa berbasis discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi suhu dan kalor, di mana lembar kerja siswa yang digunakan telah dikembangkan dan tervalidasi konstruk oleh ahli. Desain penelitian ini adalah one-shot case study, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalianda semester genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 2 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan kemampuan berpikir kritis siswa pada penggunaan lembar kerja siswa discovery learning terhadap hasil belajar siswa materi suhu dan kalor sebesar 84,8%. Kata kunci: berpikir kritis, lembar kerja, discovery learning