PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKn KELAS VB SD NEGERI 4 METRO UTARA

Main Author: PRASETYO ADHI NUGROHO, 1213053086
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/23045/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23045/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23045/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/23045/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas dan hasil belajar pada pelajaran PKn rendah dengan rata-rata 57,42, terdapat 6 siswa dari 28 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu ≥65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL dengan media grafis. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan soal tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada pembelajaran PKn dengan media grafis di kelas VB SD Negeri 4 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kategori aktivitas siswa siklus I yaitu mendapat kategori “Tinggi” dan siklus II mendapat kategori “Sangat tinggi”. Hasil belajar siswa pada siklus I yang mendapat kriteria “Sedang” dan siklus II mendapat kriteria “Sangat tinggi”, terjadi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: model PBL, media grafis, aktivitas, hasil belajar,.