PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI ASAM-BASA ARRHENIUS
Main Author: | IQBAL HABIBY, (1213023032) |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/22870/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf http://digilib.unila.ac.id/22870/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/22870/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/22870/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, tanggapan guru dan respon siswa terhadap instrumen asesmen kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dari Sukmadinata (2011). Berdasarkan hasil validasi terhadap instrumen asesmen yang dikembangkan, diperoleh kategori tinggi pada aspek konstruksi dan aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, dan sangat tinggi pada aspek keterbacaan. Sedangkan, hasil tanggapan guru terhadap ketiga aspek tersebut berkategori sangat tinggi. Hasil respon siswa terhadap aspek keterbacaan berkategori sangat tinggi. Uji validitas instrumen asesmen ke siswa menunjukkan bahwa instrumen asesmen memiliki nilai r hitung > r tabel product moment sehingga instrumen asesmen dikategorikan valid. Uji reliabilitas instrumen asesmen bernilai sebesar 0,7112 sehingga dikategorikan tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah instrumen asesmen hasil pengembangan valid dan layak untuk digunakan. Kata Kunci : asam-basa Arrhenius, asesmen, berpikir kreatif.