PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 2 KESUMADADI LAMPUNG TENGAH
Main Author: | RENALDY PANGASEAN S, 1213053093 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/22741/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/22741/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/22741/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/22741/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap nasionalisme dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap nasionalisme dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SFAE dapat meningkatkan sikap nasionalisme dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata sikap nasionalisme siswa siklus I menunjukkan katagori “Cukup baik” dan siklus II memperoleh katagori “Baik”, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I berada pada katagori “Cukup baik” dan siklus II berada pada katagori “Baik”. Persentase ketuntasan belajar siswa siklus I menunjukkan katagori “Cukup baik” dan siklus II menunjukkan katagori “Baik”, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: hasil belajar, sikap nasionalisme siswa, SFAE