PENGEMBANGAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON

Main Author: WIWIN WINA LESTARI , 1213022079
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22712/2/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22712/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22712/4/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22712/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan e-learning pada materi Hukum Gravitasi Newton dengan memanfaatkan LMS Schoology. Tujuan pengembangan untuk menghasilkan e-learning yang menarik, mudah, bermanfaat dan efektif digunakan. Prosedur pengembangan diadaptasi dari model pengembangan media instruksional Suyanto dan Sartinem yang meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal dan produksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA SMA YP UNILA Bandar Lampung dengan 30 orang siswa dan diperoleh skor kemenarikan 3,13 (menarik), skor kemudahan 3,15 (mudah), dan skor kemanfaatan 3,27 (sangat bermanfaat). Produk efektif digunakan karena berdasarkan hasil uji Normalitas Gain didapatkan rata-rata 0,65. Jadi dapat disimpulkan bahwa dihasilkan e-learning dengan schoology sebagai suplemen pembelajaran fisika pada Hukum Gravitasi Newton yang telah teruji dan layak digunakan Kata kunci: e-learning, hukum gravitasi newton, schoology.