PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Author: ASRI WULANDARI ARIFIN , 1213022007
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22672/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22672/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22672/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22672/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan LKS yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif digunakan. Tahapan pengembangan LKS mengacu pada prosedur pengembangan Suyanto dan Sartinem, dengan langkah-langkah yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Metode yang digunakan pada penelitian pengembangan ini adalah One-shot Case Study. LKS yang dikembangakan memperoleh skor kemenarikan 3,60 (sangat menarik), skor kemudahan 3,65 (sangat mudah), dan skor kemanfaatan 3,37 (sangat bermanfaat). Produk efektif digunakan karena berdasarkan hasil uji efektivitas, 90% siswa telah tuntas dari nilai KKM yang telah ditetapkan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dihasilkan LKS model inkuiri terbimbing yang telah teruji dan layak digunakan dengan kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, sangat bermanfaat, dan sangat efektif sebagai media pembelajaran. Kata kunci: impuls dan momentum, inkuiri terbimbing, LKS.