HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 2 WAY PENGUBUAN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: JUMIYANTI , 1113052023
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22671/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22671/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22671/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22671/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar pada siswa SMP Negeri 2 Way Pengubuan Lampung Tengah tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bersifat korelasional dengan teknik penggumpulan data menggunakan skala interaksi teman sebaya dan skala motivasi belajar serta dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 160 orang siswa dengan sampel berjumlah 90 orang siswa. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment pearson dan korelasi ganda product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan prestasi belajar dengan indeks korelasi rhitung = 0,434 > rtabel 0,05 = 0,207 maka Ho ditolak Ha diterima, (2) ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan indeks korelasi rhitung = 0,349 > rtabel 0,05 = 0,207 maka Ho ditolak Ha diterima, (3) ada hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar dengan indeks korelasi rhitung = 0,446 > rtabel 0,05 = 0,207 maka Ho ditolak Ha diterima. Kata kunci: interaksi teman sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar.