PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF CONFIDENCE (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)

Main Author: ELOK WASPADANY , 1213021021
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22655/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22655/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22655/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22655/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemam-puan berpikir kritis dan self confidence siswa yang mengikuti pembelajaran ber-basis masalah dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Kautsar Bandar Lampung tahun pela-jaran 2015/2016 dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII/A dan VIII/B yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui teknik tes sedangkan data self confidence diperoleh melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pe-nerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self confidence siswa Kata kunci: berpikir kritis, pembelajaran berbasis masalah, self confidence