PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF KONTEKSTUAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Natar Tahun Pelajaran 2015/2016)
Main Author: | ELA ULFIANA , 1213021020 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/22351/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/22351/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/22351/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/22351/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif kontekstual terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2015/2016 yang terdistribusi dalam tiga belas kelas. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih siswa kelas VII-B dan VII-D sebagain sampel. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes awal dan tes akhir berupa soal uraian. Hasil uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan bahwa pembelajara kolaboratif kontekstual berpengaruh ditinjau dari peningkatan kemampuan pemahamanan konsep matematis. Kata kunci: kolaboratif kontekstual, konvensional, pemahaman konsep matematis,