HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 BANDUNG-BARU PRINGSEWU

Main Author: YUDA ARDI SAPUTRA , (1213053126)
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22321/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22321/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22321/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22321/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar IPS yang masih rendah, pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 7 Bandung baru Pringsewu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar, fasilitas belajar dengan prestasi belajar IPS. Metode penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini mengambil keseluruhan dari jumlah populasi yaitu 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara: motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,814; (2) fasilitas belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,771; (3) motivasi belajar dan fasilitas belajar secara bersamasama dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasir sebesar 0,916. Kata kunci: fasilitas belajar, motivasi belajar, prestasi belajar IPS.