PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn KELAS IV SD NEGERI 3 LABUHAN DALAM KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: MUKTI LARAS AYU PANGESTI, 1213053075
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22249/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22249/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22249/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22249/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar PKn dan guru belum dapat menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar PKn kelas IV SD Negeri 3 Labuhan Dalam. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 51 siswa yang terbagi atas 2 kelas. Kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen utama yang digunakan adalah tes. Data dianalisis menggunakan uji-t pada program SPSS seri 17.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap prestasi belajar PKn kelas IV. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran PKn menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada kelas eksperimen Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw, Prestasi Belajar PKn. ABSTRACT The problem in this research is the low learning achievement PKn and teachers have not been able to implement Cooperative learning, Jigsaw-type Model in the learning activities. The purpose of this research is to know the influence of Cooperative Learning Model Type Jigsaw learning achievements against PKn class IV SD Negeri 3 Offering In. The research method used was a quasi experimental design with nonequivalent control group design. The subject of research as much as 51 students were divided into two classes. Class IV A as class experiments and class IV B as the class of the control. The main instruments used are the test. The data were analyzed using t-test on the program SPSS 17.0 for windows series. The results of the analysis of the data obtained conclusions that there was influence of Cooperative Learning Model Type Jigsaw learning achievements against PKn class IV. This is demonstrated by the average value of learning achievements of students who follow learning Cooperative Learning Model using PKn Type Jigsaw on a class experiment Key Words : cooperative learning model, type jigsaw , civics learning achievement