PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN BUKU SISWA BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN DENGAN BUKU SISWA KONVENSIONAL MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING

Main Author: RIKA MUTIARA, 1213022060
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22209/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22209/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22209/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22209/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor) siswa antara menggunakan buku siswa BNKKL dengan buku siswa konvensional melalui model inkuiri terbimbing. Desain penelitian ini menggunakan The Static Group Comparison. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Tets dan uji Mann-Whitney bahwa terdapat perbedaan kognitif, afektif dan psikomotor siswa menggunakan buku siswa BNKKL dengan buku siswa konvensional. Perbandingan rata-rata hasil belajar yang menggunakan buku siswa BNKKL dengan buku siswa konvensional untuk masing-masing ranah yaitu; 2,80 : 2,60 (kognitif), 3,40 : 2,72 (afektif) dan 3,40 : 3,20 (psikomotor). Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan buku siswa BNKKL lebih tinggi dibandingkan buku siswa konvensional. Kata kunci: hasil belajar, buku siswa BNKKL, buku siswa konvensional, model inkuiri terbimbing.