EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL CONCEPT MAPPING DAN MAKE A MATCH DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 GEDONGTATAAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: KUNTI WIJAYANTI , 1213031049
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22160/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22160/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22160/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22160/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi dan pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA N 2 Gedongtataan Tahun pelajaran 2015/2016 dan sampel 61 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling , Uji hipotesis menggunakan Analisis Varians Dua Jalan (ANAVA) dan T- test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa 1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar akuntansi model Concept Mapping dengan Make A Match 2) Hasil belajar akuntansi menggunakan model Concept Mapping lebih tinggi dibandingkan Make A Match pada siswa yang memiliki minat tinggi 3) Hasil belajar akuntansi menggunakan model Concept Mapping lebih rendah dibandingkan Make A Match pada siswa yang memiliki minat rendah 4) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar akuntansi. Kata Kunci : concept mapping, hasil belajar, make a match, minat belajar