EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlotul Qur’an Metro Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/ 2016)

Main Author: FITRI FATMAWATI , 1113021030
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/22151/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22151/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22151/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/22151/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP TMI Roudlotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIC dan VIIID yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh dari tes dengan soal berbentuk uraian. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Efektivitas, Pemecahan Masalah, Group Investigation.