EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI LINGKARAN (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 30 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016)
Main Author: | TIKA RAHAYU , 1213021070 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/22063/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/22063/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/22063/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/22063/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 238 siswa yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIII D yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: pembelajaran CIRC, komunikasi matematis