PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP GLOBAL MADANI BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | KLARA KEN LARAS, 1213041045 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/22047/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/22047/19/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/22047/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/22047/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pada kegiatan pembelajaran menulis teks eksplanasi di SMP Global Madani Bandar Lampung.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatifdengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Sumber data pada penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan komponen-komponen RPP pada Kurikulum 2013. Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu, aktivitas guru dan aktivitas siswa. aktivitas yang dilakukan guru meliputi tiga tahap kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada kegiatan ini terjadi aktivitas siswa yang meliputi (1) aktivitas mengamati, (2) aktivitas menanya, (3) aktivitas mencoba, (4) aktivitas menalar, (5) aktivitas mengomunikasikan. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian kompetensi sikap dengan teknik observasi langsung, penilaian kompetensi pengetahuan dengan teknik tes tertulis berupa soal uraian, dan penilaian kompetensi keterampilan dengan teknik tes praktik berupa menulis teks eksplanasi. Kata kunci: menulis, pembelajaran, dan teks eksplanasi.