HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI SD PERTIWI TELADAN KOTA METRO

Main Author: FAQIH MUHAMMAD RIDHO , 1213053046
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21759/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21759/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21759/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21759/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, yaitu kompetensi pedagogik guru belum memenuhi harapan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang masih rendah, dilihat dari masih banyaknya peserta didik yang belum tuntas, yaitu mencapai 41% atau 62 dari 153 peserta didik dengan KKM sebesar 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar matematika kelas VI SD Pertiwi Teladan Kota Metro. Jenis penelitian adalah non-ekperimen. Alat pengumpul data berupa angket yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan thitung = 3,040 > ttabel = 2,000 (dengan α = 0,05). Artinya, terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi peserta didik tentang kompetensi pedagogik guru dengan prestasi belajar matematika kelas VI SD Pertiwi Teladan Kota Metro. Kontribusi varibel X terhadap variabel Y sebesar 13,542%. Kata kunci: persepsi, kompetensi pedagogik, prestasi belajar.