HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADASISWA KELAS V SDN 04 DAYAMURNI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Main Author: Muhammad Asrul Rohman, (1213053065)
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21720/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21720/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21720/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21720/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa yang rendah dan disiplin belajar siswa yang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 04 Dayamurni. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus, sebanyak 22 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah disiplin belajar, variabel terikat prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rhitung sebesar 0,843 > rtabel yaitu 0,423 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat antara disiplin belajar dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada siswa. Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar siswa.