PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VA SD NEGERI 8 METRO SELATAN

Main Author: ALIF VIA SUFIANTI, (1213053010)
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21697/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21697/15/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21697/16/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21697/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 8 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PKn siswa kelas VA SD Negeri 8 Metro Selatan melalui penerapan pendekatan kontekstual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan setiap siklus yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis non tes dan teknik tes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa adalah 67,50 dengan persentase sebesar 60,00% (kategori kritis). Pada siklus II meningkat menjadi 77,50 dengan persentase sebesar 80,00% (kategori sangat kritis). Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,08 dengan persentase ketuntasan sebesar 65,00% (kategori tinggi). Kemudian pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 78,50 dengan persentase ketuntasan sebesar 85,00% (kategori sangat tinggi). Kata kunci: kontekstual, berpikir kritis, hasil belajar.