HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 CEMPAKA KECAMATAN SUNGKAI JAYA KABUPATEN LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: DWI YULIA SARI AY, (1213053040)
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21667/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21667/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21667/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21667/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar IPS dan kurangnya sikap disiplin siswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Cempaka Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 53 siswa yang sekaligus menjadi sampel. Teknik pengumpulan data adalah observasi, kusioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) ada hubungan yang positif antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS, koefisien korelasi 0,781. (2) terdapat hubungan yang erat antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisiensi korelasi sebesar 0,781 lebih besar daripada rtabel yaitu 0,271. Kata Kunci: Disiplin Belajar, Prestasi Belajar IPS.