HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RAJABASA RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Yocie Callista Putri, (1213053125)
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21629/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21629/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21629/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21629/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS, hubungan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS, hubungan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif korelasional. Sampel pada penelitian dengan jumlah sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling yaitu Sampel Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan korelasi ganda. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,984; (2) terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,981; (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi r sebesar 0,984. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar IPS.