PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KRESNOWIDODO KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: TRI WIDIYATI , 1313093137
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21616/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21616/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21616/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21616/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo, yang diketahui dari hasil observasi dari 22 jumlah siswa, hanya 8 siswa atau 36,36% yang mampu mencapai KKM (65). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Siklus I persentase nilai rata-rata aktivitas secara klasikal sebesar 58,30% dengan katagori “Kurang Aktif” dan siklus II meningkat menjadi 70,00% dengan katagori “Aktif”. Siklus I nilai rata-rata sebesar 65,15 dengan persentase ketuntasan mencapai 54,55% dengan kategori “Belum Tuntas” dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 72,02 dengan persentase ketuntasan meningkat 27,27% menjadi 81,82% dengan katagori “Tuntas”. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo Kabupaten Pesawaran tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Aktivitas, dan Hasil Belajar IPS