EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 12 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2015/2016)

Main Author: RESTI AYU WARDHANI, 1213021058
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21554/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21554/9/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21554/10/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21554/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas problem based learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2015/ 2016 sebanyak 289 siswa yang terdistribusi dalam dua belas kelas. Sampel dalam penelitian ada-lah siswa pada kelas VIII-A dan VIII-B yang ditentukan dengan teknik purposive random sampling. Data pemahaman konsep matematis siswa diperoleh melalui tes uraian. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bah-wa penerapan problem based learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa tetapi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran kon-vensional. Kata kunci: efektivitas, pemahaman konsep, problem based learning