PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Author: Aryan Danil Mirza. BR, 1213031010
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/21413/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21413/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21413/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/21413/
Daftar Isi:
  • Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi faktor eksternal dan faktor ekternal. Faktor ekternal yang mempengaruhi diantaranya adalah iklim sekolah. Sedangkan faktor internal yang mempengaruhi diantaranya sikap siswa dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Kotabumi Lampung Utara. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan sampling jenuh, yaitu suatu metode pengambilan sampel yang menjadikan semua populasi sebagai sampel. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni persepsi siswa tentang iklim sekolah, sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dan motivasi belajar. Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel hasil belajar dan motivasi belajar. Pengujian hipotesis ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Persepsi Siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap motivasi belajar dengan kadar deteraminasi sebesar 62%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Persepsi Siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kadar deteraminasi sebesar 5,6%. Variabel sikap siswa merupakan variabel yang dominan mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar. Oleh karena itu, perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal. Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, persepsi siswa tentang iklim sekolah, sikap siswa.