PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN BATURAJA KEC. WAY LIMA KAB. PESAWARAN TAHUN 2015-2016
Main Author: | NETRIANA, (1313093083) |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/21310/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/21310/2/SKRIPSI.pdf http://digilib.unila.ac.id/21310/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/21310/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi dari SDN Baturaja Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V masih dibawah KKM yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn menggunakan metode kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang teridiri dari perencanaan, observasi dan refleksi. Metode ini terdiri dari dua siklus, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk guru dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa pada siklus 1 hanya 2,95 meningkat menjadi 3,6. Hasil belajar siswa yang semula hanya 60 meningkat menjadi 64,5. Sedangkan kinerja guru mengalami peningkatan dari siklus 1 adalah 3,3 menjadi 3,46. Dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bidang studi PKn siswa kelas V SD Negeri Baturaja Kecamatan Way Lima Kabupaten Pesawaran Tahun 2015/2016. Kata kunci : Metode kerja kelompok, Aktivitas, Hasil Belajar.