PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS LAMPUNG TAHUN 2015
Main Author: | YUNITA MAHARANI DALIMUNTHE, (1213031098) |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/21258/1/ABSTRAK%20BAHASA%20INDONESIA.pdf http://digilib.unila.ac.id/21258/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/21258/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/21258/ |
Daftar Isi:
- Angka lulusan perguruan tinggi setiap tahun bertambah jumlahnya, tetapi lapangan pekerjaan yang tersedia semakin sempit atau bahkan menjadi hilang. Wirausaha merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi pengangguran. Berwirausaha berarti membuka lapangan kerja baru dan berperan dalam mengatasi masalah pengangguran. Minat berwirausaha adalah keinginan, ketertarikan, serta kesediaan untuk bekerja keras atau berkemauan keras untuk berusaha secara maksimal untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa merasa takut dengan resiko yang akan terjadi, serta berkemauan keras untuk belajar dari kegagalan. Faktor yang diduga mempengaruhi minat berwirausaha tersebut antara lain persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan, budaya organisasi, dan motivasi. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan pada mahasiswa angkatan 2013 Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung diketahui bahwa minat berwirausaha tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan mengetahui pengaruh positif persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan, budaya organisasi, dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung tahun 2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2013 Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung yaitu berjumlah 91 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan meggunakan rumus T. Yamane didapat sebanyak 74 mahasiswa. Metode yang digunakan adalah deskriftif verifikatif dengan menggunakan ex post facto dan survey. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan, budaya organisasi, dan motivasi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung tahun 2015. Berdasarkan analisis data diperoleh Fhitung 90,186 > Ftabel 2,74 yang ditunjukkan dengan regresi linier multiple dengan koefisien determinasi (r2) 0,794 yang berarti minat berwirausaha dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan, budaya organisasi, dan motivasi sebesar 79,4% dan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Persepsi Mahasiswa Tentang Mata Kuliah Kewirausahaan, Budaya Organisasi, Motivasi,dan Minat Berwirausaha