PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi suhu dan perubahannya terhadap minat belajar siswa, (2) pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing pada materi suhu dan perubahannya terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Palas sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quassy Experimental dengan desain Nonequivalent Pre test- Post test Control Group Design, yakni satu kelompok subjek diberi perlakuan tertentu (eksperimen), sementara satu kelompok lain dijadikan sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing sedangkan pada kelas kontrol menggunakan lembar kerja siswa konvensional. Berdasarkan hasil analisis validitas dan reliabilitas, semua instrumen minat dan hasil belajar dinyatakan valid dan reliabel. Wayan Eka Purnami iii Teknik analisis data minat dan hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan skor rata-rata N-gain diperoleh rata-rata minat belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,73 dan 0,63 sedangkan skor rata-rata N-gain hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,73 dan 0,62. Berdasarkan hasil uji perbedaan minat belajar siswa dengan uji Independent Sample T Test diperoleh nilai thitung > ttabel (3,230 > 2,032) dan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05, sedangkan hasil uji perbedaan hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (5,706 > 2,032) dan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu sesuai dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan lembar kerja siswa berbasis inkuiri terbimbing terhadap minat dan hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, LKS, minat