UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 GISTING ATAS

Main Author: 1013127039, SUKATMI
Format: Bachelors PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/20997/1/abstrak.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20997/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20997/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20997/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20997/5/bab%205.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20997/6/bab%204.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20997/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar. Hasil belajar merupakan realisasi dari hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 5 Gisting Atas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 5 Gisting Atas menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini mengguanakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan reflekesi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrument tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran PKn kelas IV SD Negeri 5 Gisting Atas dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar persiklusnya yaitu pada siklus I (60,21), siklus II (65,21), dan siklus III (70,75). Kata kunci : metode demonstrasi, hasil belajar siswa.