PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, KETERAMPILAN MENYIMPULKAN, DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM KOLOID
Daftar Isi:
- Berdasarkan observasi pembelajaran kimia di kelas XI IPA SMA Yos Sudarso Metro, sebagian besar siswa tidak berperan aktif dalam pembelajaran. Nilai rata-rata sistem koloid dari tahun ke tahun < 70, pada TP 2009-2010 sebesar 65,7. Kriteria Ketuntasan Minimal pelajaran kimia yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥70, ha¬nya 56,7% tercapai. Selama ini siswa belum pernah dilatih keterampilan menyimpulkan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut ada¬lah dengan menerap-kan pembelajaran kooperatif teknik NHT. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan: (1) aktivitas on task, (2) keterampilan menyimpulkan, (3) penguasaan konsep sistem koloid, (4) ketuntasan belajar melalui pembelajaran kooperatif teknik NHT . Penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Yos Sudarso Metro TP 2010-2011 yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terja¬di peningkatan dari siklus I ke II dan siklus II ke III, yaitu : (1) Aktivitas on task, berupa diskusi kelompok sebesar 10,4% dan 22,9%, bertanya pada guru sebesar 8,3% dan 8,3%, member¬i¬kan pen-dapat sebesar 7,8% dan 10,5%, dan menjawab perta¬nyaan guru sebesar 6,3% dan 11,5%, (2) keterampilan menyimpulkan pada kelompok keterampilan tinggi sebesar 13,3% dan 16,7%, (3) penguasaan konsep sebesar 9,28% dan 10,37%, (4) ketun¬tasan belajar sebesar 6,7% dan 20%. Dengan demikian, semua indikator kinerja pene¬litian ini tercapai. Kata kunci: pembelajaran kooperatif teknik NHT, aktivitas on task, keterampilan menyimpulkan, penguasaan konsep, ketuntasan belajar,