PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 2 PALAS JAYA KECAMATAN PALAS KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Main Author: | 1013079272, Salena BR. Barus |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/20975/1/Abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/20975/2/BAB%201%20Salena.pdf http://digilib.unila.ac.id/20975/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika pada siswa kelas V SDN 2 Palas Jaya Kecamatan Palas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan memanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran di SDN 2 Palas Jaya Kecamatan Palas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan barang bekas sebagai media dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus 1 yaitu 67,45% menjadi 69,3% pada siklus 2. Aktivitas belajar siswa meningkat 1,85% dari siklus 1 hingga siklus 2. Hasil belajar siswa juga meningkat, dari nilai rata-rata siklus 1 yaitu 58,5 menjadi 63 pada siklus 2. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 hingga siklus 2 sebesar 4,5. Peningkatan hasil belajar siswa dapat juga terlihat dari ketuntasan belajar siswa 60% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 2. Sehingga ketuntasan belajar meningkat 15% dari siklus 1 hingga siklus 2. Kata kunci : Peningkatan aktivitas, hasil belajar dan pemanfaatan barang bekas