UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR- SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII.2 SEMESTER GENAP PADA SMP NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Main Author: 101311007, Rumiati
Format: Article PeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/20915/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/2/judul.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/4/bab%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/5/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/6/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/7/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/8/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/20915/
Daftar Isi:
  • Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu mengenai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII.2 Semester Genap SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011-2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dapat menuai keberhasilan dalam upaya upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII.2 Semester Genap SMP Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011-2012. Aktivitas dan hasil belajar siswa selalu mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya.