PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEAFLET DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (Think Pair Share) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas XI MAN 1 Metro Semester Genap TP 2011/2012)
Daftar Isi:
- Penguasaan konsep merupakan kemampuan siswa menguasai materi pelajaran. Hasil observasi pada siswa kelas IX IPA MAN 1 Metro menunjukan bahwa penguasaan konsep siswa masih rendah, hal ini disebabkan kurangnya sumber belajar siswa serta rendahnya minat baca siswa terhadap buku teks yang terlalu tebal. Sehingga diperlukan variasi bahan ajar yang menarik minat siswa sebagai salah satu alternatif sumber belajar yaitu bahan ajar Leafet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar leaflet dengan model pembelajaran TPS terhadap penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok sistem pernapasan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI IPA1 dan kelas XI IPA2 MAN 1 Metro yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling